Seperti Inilah Cara Memesan Tiket Mudik Kereta Via Online

Saat mendengar nama kata “Lebaran”, pasti pikiran kita akan tertuju pada tiket mudik. Ya, terang saja demikian, sebab mudik ini merupakan salah satu tradisi umat Islam di Indonesia saat hari raya Idul Fitri tiba. Akan tetapi, masih ada sebagian dari mereka yang belum paham mengenai pesan tiket kai via online. Nah, bagi kalian yang belum mengetahuinya, simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

  1. Buka Situs Resmi PTKAI

Pertama-tama yang harus kamu lakukan, silahkan buka situs resmi PTKAI atau misteraladin.com. Setelah itu, arahkan cursor ke kolom “Reservasi” yang ada di pojok kiri atas. Disana kamu dapat melihat langsung tanggal rencana perjalanan, memilih stasiun kereta api asal, dan stasiun kereta api tujuan, serta harga tiket yang tersedia. Untuk anak yang berusia dibawah 3 tahun tidak dikenakan biaya tiket alias gratisan lho!

  1. Cek Harga

Misalkan saja kamu ingin membeli tiket ke Garut tanggal 9 Juni 2019 dari stasiun Kiaracondong Bandung, maka akan keluar berupa pilihan waktu dan harga yang sesuai dengan kelas keretanya. kamu juga bisa langsung mengecek tentang sisa jumlah kursi yang tersedia, dengan menarik cursor ke kolom tiket yang akan kamu booking, kemudian klik tulisan “Bookig”.

  1. Konfirmasi Pemesanan Tiket

Tahap berikutnya, maka akan muncul konfirmasi pemesanan tiket untuk memeriksa kembali dan memastikan bahwa tidak ada kesalahan pada tiket yang akan kamu bayar. Untuk melanjutkan lagi prosesnya, silahkan centang kotak kecil pada bagian bawah, kemudian klik tombol “Lanjutkan”.

  1. Mengisi Data Penumpang

Isi data-datamu sebagai calon penumpang pada kolom yang sudah tersedia. Dalam hal ini, kamu harus mengisi data yang sesuai dengan kartu identitas. Pasalnya, pihak PTKAI akan memeriksa untuk menyesuaikan tiket yang dipesan dengan kartu identitasmu seperti KTP, SIM, maupun Paspor. Jika kamu membawa anak-anak yang belum memiliki kartu identitas, silahkan masukkan NIK yang ada di Kartu Keluarga (KK). Apabila semuanya sudah selesai, silahkan klik tombol “Selanjutnya”.

  1. Cermati Masing-masing Kelas Kereta Api

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa harga tiket kereta api itu dibedakan berdasarkan kelasnya yakni kelas ekonomi, kelas bisnis, dan kelas eksekutif. Berbeda harga, tentu saja beda pula fasilitas dan kenyamanan yang akan kamu dapatkan. Tempat duduk sub kelas mahal itu biasanya berada di tengah gerbong dan gerbong makan, sedangkan sub kelas promo berada di dekat pintu.

  1. Cek kembali Informasi dan Pembayaran

Pastikan bahwa informasi mengenai pembayarannya tidak ada kesalahan. Kamu pun dapat langsung membayar melalui ATM, BCA Klick Pay, CIMB Clicks, Mandiri Click Pay, E-Pay BRI, Doku Wallet, Visa / Mastercard, dan Danamon Online Banking. Setelah itu klik tombol “ATM”, lalu “Selanjutnya”.

  1. Bayar dan Konfirmasi Tiket

Kamu harus catat “Kode Pmebayaran”, dikarenakan dibutuhkan saat membayar tiket via ATM. Dengan kata lain, kamu jangan membuang struknya ya!

  1. Cetak Tiket di Stasiun

Cara terakhir yang harus kamu lakukan, yakni mencetak sendiri tiket di mesin cetak khusus yang ada di stasiun. Masukkan “Kode Pemesanan” yang ada di struk pembayaran, maka tiketnya akan langsung tercetak.

Itulah cara memesan tiket kereta via online yang harus kamu coba. Selain bisa memesan tiket di situs PTKAI, kamu juga bisa memesan tiket kereta tersebut di situs Misteraladin.com

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*
*