4 obat rumahan yang bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak dan nyeri

7 Tanda Gigi Geraham Bungsu Bermasalah, Sudah Saatnya Segera Dicabut!

Nyeri gusi adalah masalah yang sering terjadi karena beberapa alasan, nyeri pada gusi juga bisa menyebabkan bengkak pada gusi. Bengkak pada gusi bisa terjadi karena sesuatu yang sederhana seperti menyikat gigi terlalu keras, sariawan, iritasi karena memakai gigi palsu, akibat pemakaian kawat gigi. Bagi wanita juga nyeri dan bengkak gigi bisa disebabkan oleh perubahan hormon, kehamilan atau menopause dan dapat terjadi ketika wanita sedang menstruasi. Di waktu lain, bengkak pada gusi mungkin juga merupakan tanda masalah kesehatan mulut yang kebih serius seperti sariawan, radang gusi atau periodontitis. Untuk mengatasi gusi yang bengkak kita bisa menggunakan bahan-bahan yan tersedia dirumah untuk pengobatan pertama untuk menghilangkan rasa sakit pada gusi. Tetapi pengobatan ini hanya digunakan jika masalah pada gusi kalian belum terlalu parah, jika masalah gusi kalian sudah parah kalian tidak boleh mengatasi masalah gusi ini sendiri, kalian harus pergi berobat ke dokter gigi.

Jika kalian hanya mengalami gusi nyeri atau gusi bengkak ringan, kalian bisa melakukan pengobatan di rumah. Inilah cara mengatasi gusi bengkak dirumah:

  1. Kumur dengan air garam

Pertama panaskan air yang sudah matang, panaskan jangan sampai mendidih cukup sampai panas saja. masukan air hangat kedalam cangkir, kemudian tambahkan 1 sendok the garam ke dalam air hangat yang tadi, kemudian aduk hingga garam larut semua. Garam akan membantu mencegah pertumbuhan bakteri di mulut kalian dan membantu mengurangi bakteri pada gusi kalian yang bisa memperparah nyeri dan bengkak pada gusi. Kemudian air garam tadi di kumurkan sehari kalian bisa berkumur dengan air gara, ini 2 atau 3 kali.

  1. Kompres

Cobalah kompres dengan air hangat atau air dingin untuk membantu mengurangi bengkak dan mengurangi rasa sakit. Untuk kompres dengan air panas, pertama panaskan terlebih dahulu air jangan sampai mendidih, kemudian rendam kain bersih ke dalam air hangat tersebut kemudian perah air yang berlebih dan tekan dengan lembut kain tersebut ke area wajah kalian di dekat dimana gusi kalian bermasalah (tidak langsung di kompreskan ke gusi). Untuk komores dengan air dingin, kalian bisa langsung menggunakan es batu kemudian bungkus es batu dengan kain bersih dan kemudian tempelkan ke wajah kalian dekat dimana gusi kalian bermasalah, kalau kalian tidak memiliki es batu kalian bisa menggunakan air dingin biasa. Dengan mengkompres bisa meredakan pembengkakan dan peradangan pada gusi.

  1. Mengobati dengan rempah-rempah

Rempah-rempah tertentu dapat digunakan menjadi obat rumahan yang bisa mengatasi gusi bengkak. Salah satunya yaitu bubuk cengkeh yang memiliki efek analgesic atau Pereda nyeri. Cengkeh sudah digunakan sebagai alternative penghilang rasa sakit oral tradisional untuk waktu yang lama. Selain itu ada kunyit, kunyit merupakan herbal yang bisa digunakan sebagai anti inflamasi. Untuk membuat ramuan ini yaitu, campur bahan-bahan pilihan dengan sedikit air hangat sampai membentuk pasta, kemudian kumur mulut kalian dengan air hangat. Oleskan pasta herbal yang sudah kalian buat pada bagian gusi yang bengkak.

  1. Kantung teh

Ambil sekantung the yang masih baru kemudian rendam dalam air mendidih sampai kurnag lebih selama 5 menit. Kemudian angkat kantung teh dari air panas, dan biarkan kantung the mendingin , jika kantung the sudah cukup dingin bisa langsung di oleskan langsung ke gusi yang bermasalah. Tempelkan setidaknya selama lima menit. Pilih lah the yang mengandung tannin astringen, seperti teh hitam dan teh hijau.

Mudah bangetkan mengatasi gusi bengkak! Cara-cara diatas perlu banget kamu coba kalau ada masalah pada gusi !

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*
*