5 Manfaat Belajar Memasak Sejak Dini untuk Si Kecil

Kegiatan memasak sekarang ini tak hanya dilakukan orang dewasa saja. Banyak anak-anak yang mencobanya juga. Tapi, tahukah Anda ada banyak manfaat memasak sejak dini bagi anak-anak. Tak cuma perempuan saja, anak laki-laki juga bisa. Anda bisa mengajarkan mereka banyak hal dengan memasak. Mau tahu apa saja manfaatnya?

  1. Melatih Motorik Halus

Ketika Anda memasak dan anak Anda ingin ikut membantu seperti dengan memotong sayur, tak masalah bila Anda mengajak mereka memasak juga. Kegiatan memotong seperti ini mampu membantu mereka mengasah kemampuan motorik halusnya.

Selain itu, melatih anak memindahkan sayur dari satu wadah ke wadah lain sehabis dipotong juga bisa melatih anak untuk menjumput. Penggunaan sumpit ketika mengambil bahan makanan juga bisa digunakan untuk melatih motorik halusnya. Namun, bila anak Anda masih berumur di bawah 3 tahun, berikan pisau mainan saja, ya! Berbahaya!

  1. Mengenal Bentuk

Manfaat selanjutnya dari kegiatan memasak ini adalah, anak Anda bisa mengenal banyak bentuk. Ketika memasak, ada banyak barang yang Anda gunakan seperti mangkuk, talenan, sendok, maupun pisau. Sambil memasak, Anda bisa memberitahu mereka tentang berbagai bentuk dari benda-benda tersebut.

Sehingga, anak Anda tak hanya sekedar bermain ketika mereka ‘memasak’ bersama Anda, tapi juga belajar. Manfaat yang satu ini biasanya bisa didapat untuk anak yang berumur 3 tahunan. Selain bentuk mangkuk atau talenan, Anda juga bisa memperkenalkan mereka bentuk sayur seperti wortel yang kerucut, brokoli yang seperti kembang dan lainnya.

  1. Mengenal Warna

Manfaat selanjutnya untuk kegiatan memasak bersama si kecil ini adalah memperkenalkan warna pada mereka. Misal ketika Anda memasak sup, Anda bisa memperkenalkan warna orange yang ada pada wortel, hijau pada seledri dan daun bawang atau semacamnya. Bisa juga warna dari peralatan yang Anda gunakan.

Dengan memperkenalkan mereka akan warna-warna di sekitar, Anda membantu mereka untuk belajar mengenal lingkungan. Ini bisa membantu mengembangkan pola pikir mereka menjadi lebih baik.

  1. Belajar Sains

Kegiatan memasak ternyata bisa digunakan juga untuk belajar sains. Anda bisa memberitahu mereka tentang manfaat sayuran bagi tubuh, alasan kenapa Anda dan anak Anda harus makan sayur serta menjelaskan cara memasak makanan yang benar agar gizinya tetap terjaga.

Mereka tak perlu belajar ke sekolah dulu untuk mengetahui hal demikian, kan? Anda bisa memberitahu mereka sendiri di rumah. Nah, dengan begitu, mereka pastinya bisa juga memakan makanan bergizi seperti sayur setelah tahu khasiatnya.

  1. Mengasah Keterampilan Sosial Emosional

Nah, manfaat terakhir dari kegiatan memasak sejak dini yang diajarkan pada anak adalah mereka bisa mengerti akan proses. Misal bagaimana makanan itu bisa siap untuk dimakan. Selain itu, dengan terlibat aktivitas memasak, mereka juga akan menghargai proses dan kerja keras orang lain dalam menyiapkan makanan.

Dengan begitu, mereka diharapkan bisa menghargai makanan. Selain bisa menghargai makanan, kegiatan memasak juga bisa melatih emosional mereka. Mereka bisa jadi lebih sabar dalam menununggu bila mana makanan yang mereka inginkan belum matang. Mereka juga jadi terbiasa untu membantu. Tak hanya di rumah, mungkin juga di tempat lain.

Belajar memasak bagi anak-anak pastinya tak lepas dari kotor-kotoran. Tenang! Bau sayur atau minyak yang tertinggal di tubuh mereka bisa Anda hilangkan dengan produk dari doremi. DOREMI juga mengajak anak-anak untuk aktif bergerak agar mereka menjadi anak hebat dan cerdas dengan program #GreatAdventureAwaits yang pastinya seru.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*
*